Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS IX MTsS SUNGAI PATAI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODIFIKASI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author VORI, YANA MARSA
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:41:10Z
dc.date.available 2020-02-21T01:41:10Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-11-13
dc.identifier.isbn 13106090
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn 02.21700855
dc.identifier.other 02.21700855
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12867
dc.description.abstract YANA MARSA VORI, NIM. 13 106 090, Judul Skripsi “ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS IX MTSS SUNGAI PATAI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODIFIKASI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)”, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran biologi khususnya materi sistem ekskresi, kurangnya minat belajar siswa, kurangnya keseriusan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya kemampuan siswa dalam mengaitkan antara materi yang baru dibaca dengan pengetahuan yang diketahui sebelumnya, masih terdapat keraguan dari siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dan kurangnya kedisiplinan siswa baik terhadap guru maupun teman sekelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep dan miskonsepsi siswa pada materi sistem ekskresi di kelas IX MTsS Sungai Patai dengan menggunakan teknik modifikasi Certainty of Response Index (CRI). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field resesach) dengan metode gabungan yaitu, kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsS Sungai Patai. Data kuantitatif dikumpulkan dari soal pilihan ganda materi sistem ekskresi beralasan terbuka disertai kolom CRI dan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase siswa yang menguasai konsep dari materi sistem ekskresi sebesar 66,25% dan siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 24,25%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang menguasai konsep dikategorikan tinggi dan siswa yang mengalami miskonsepsi dikategorikan rendah.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS IX MTsS SUNGAI PATAI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODIFIKASI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku