Abstract:
RISMOI LOVITA, NIM. 13 106 073, Judul skripsi “HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA KELAS VII DI SMP N 2 PARIANGAN”, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017
Penelitian ini didasari oleh adanya siswa yang masih mempunyai konsep diri dan kedisiplinan belajar yang rendah. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas VII di SMP N 2 Pariangan.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional (studi hubungan). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen berupa nilai mentah ulangan semester terakhir mata pelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi product moment dan korelasi ganda.
Secara umum, hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa di dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar IPA siswa dengan kriteria rendah, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPA siswa dengan dengan kriteria cukup kuat dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa di SMP N 2 Pariangan dengan kriteria cukup kuat.