Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | RHADYAN | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:41:32Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:41:32Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2017-11-08 | |
dc.identifier.isbn | 13106065 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | 02.21700848 | |
dc.identifier.other | 02.21700848 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12874 | |
dc.description.abstract | Rhadyan, NIM. 13 106 065, Judul Skripsi: “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Biologi Pada Madrasah Aliyah Perguruan Islam Ar-Risalah Padang”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter yang telah dilaksanakan di Perguruan Islam Ar-Risalah. Perguruan tersebut dikenal telah menerapkan pendidikan karakter dalam proses pendidikannya. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif, dengan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah, reduksi data (reduction), kemudian penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusing drawing). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ada empat yaitu, keterpercayaan (credibility), keteralihan atau validitas eksternal (transfrebility), ketergantungan atau reliabelitas (dependability), dan kepastian (confirability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi telah dimasukkan oleh guru mata pelajaran Biologi secara implisit ke dalam perangkat pembelajaran yang digunakan seperti silabus dan RPP. (2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi sudah menerapkan pendidikan karakter mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Ada beberapa nilai karakter yang ditemukan selama proses pembelajaran yaitu, religius, bersahabat atau komunikatif, jujur, tanggungjawab, peduli lingkungan, disiplin, rasa ingin tahu, gemar membaca, mandiri kerja keras, kreatifitas, dan peduli sosial. (3) Proses evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi dilakukan dengan penilaian kognitif , psikomotorik, dan afektif/sikap dalam pembelajaran Biologi serta di asrama. (4) Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi adalah faktor lingkungan yang diciptakan oleh budaya sekolah dengan kegiatan mentoring. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor dari siswa, guru, dan lingkungan keluarga. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.title | ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MADRASAH ALIYAH PERGURUANISLAMAR-RISALAH PADANG | |
dc.type | Skripsi |