Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MADRASAH ALIYAH PERGURUANISLAMAR-RISALAH PADANG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RHADYAN
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:41:32Z
dc.date.available 2020-02-21T01:41:32Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-11-08
dc.identifier.isbn 13106065
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn 02.21700848
dc.identifier.other 02.21700848
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12874
dc.description.abstract Rhadyan, NIM. 13 106 065, Judul Skripsi: “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Biologi Pada Madrasah Aliyah Perguruan Islam Ar-Risalah Padang”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter yang telah dilaksanakan di Perguruan Islam Ar-Risalah. Perguruan tersebut dikenal telah menerapkan pendidikan karakter dalam proses pendidikannya. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif, dengan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah, reduksi data (reduction), kemudian penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusing drawing). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ada empat yaitu, keterpercayaan (credibility), keteralihan atau validitas eksternal (transfrebility), ketergantungan atau reliabelitas (dependability), dan kepastian (confirability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi telah dimasukkan oleh guru mata pelajaran Biologi secara implisit ke dalam perangkat pembelajaran yang digunakan seperti silabus dan RPP. (2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi sudah menerapkan pendidikan karakter mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Ada beberapa nilai karakter yang ditemukan selama proses pembelajaran yaitu, religius, bersahabat atau komunikatif, jujur, tanggungjawab, peduli lingkungan, disiplin, rasa ingin tahu, gemar membaca, mandiri kerja keras, kreatifitas, dan peduli sosial. (3) Proses evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi dilakukan dengan penilaian kognitif , psikomotorik, dan afektif/sikap dalam pembelajaran Biologi serta di asrama. (4) Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Biologi adalah faktor lingkungan yang diciptakan oleh budaya sekolah dengan kegiatan mentoring. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor dari siswa, guru, dan lingkungan keluarga.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MADRASAH ALIYAH PERGURUANISLAMAR-RISALAH PADANG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku