Abstract:
RETNO DESIANTI, NIM. 13106064, Judul skripsi “KORELASI ANTARA KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII.A DI MTsN SAWAHLUNTO”,Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017
Penelitian ini didasari oleh adanya siswa yang prestasi belajarnya tinggi sedangkan kemandirian dan gaya belajar rendah dan prestasi belajar siswa rendah sedangkan gaya belajar dan kemandirian dalam belajar tinggi. Hal ini, peneliti temukan di kelas VIII.A MTsN Sawahlunto. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara kemandirian dan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar IPA kelas VIII.A MTsN Sawahlunto.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjekpada penelitian ini adalah siswa kelasVIII.A yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara probability sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengisian angket kemandirian belajar siswa yang terdiri dari 50 pernyataan berupa 25 butir pernyataan positif dan 25 butir pernyataan negatif kemudian angket gaya belajar yang terdiri dari 40 butir pernyataan yang terdiri dari 20 pernyataan positif dan 20 pernyataan negatif. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji prasayarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasayarat dengan uji normalitas data sedangkan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda.
Secara umum, hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa di dalam penelitian ini terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPA sebesar 0,458, Jadi dalam prestasi belajar siswa hanya terdapat 20,97% kontribusi kemandirian. Dan korelasi positif yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar IPA sebesar 0,005. Jadi dalam prestasi belajar siswa hanya terdapat 25% kontribusi gaya belajar. sedangkan antara kemandirian dan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar Ilmu IPA bersama-sama memiliki korelasi yang tidak signifikan sebesar 0,463.