Abstract:
RESTI RAHMA YUNI, NIM T.BIO 13 106 062 judul SKRIPSI “Korelasi antara Kemampuan Bepikir Kritis Siswa dengan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MIPA SMA Negeri I Enam Lingkung”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode Kuantitatif, untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Populasi penelitian adalah kelas XI MIPA sebanyak 129 orang sedangkan sampel dalam penelirtian ini menggunakan Simple Random Sampling sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui lembar observasi dan nilai hasil belajar siswa. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang korelasi kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar biologi kelas XI MIPA di SMAN I Enam Lingkung maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA berada pada tingkatan sedang. Hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN I Enam Lingkung memperoleh hasil tinggi, hanya beberapa orang saja yang memperoleh hasil belajar rendah. Korelasi antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar biologi memiliki hubungan yang sedang atau cukup yaitu sebesar 0.41954155 yang berada pada kelas interval 0,41-0,70. Siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis bagus bisa memperoleh hasil belajar yang bagus juga. Kemampuan berpikir kritis berpengaruh sebesar 17,6% terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa di SMAN I Enam Lingkung