Abstract:
RAHMA FITRIANI, NIM. 13106054, Judul skripsi “KORELASI ANTARA KEBIASAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG PANJANG”, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017
Penelitian ini didasari oleh bervariasinya kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.C
Hasil data penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA siswa sebesar 0,503, korelasi positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa sebesar 0,53 sedang antara kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa secara bersama-sama memiliki korelasi positif yang signifikan sebesar 0,532. Sehingga dapat disimpulkan kebiasaan belajar memiliki korelasi positif yang signifikan dengan hasil belajar IPA siswa SMPN 3 Padang Panjang, kecerdasan emosional memiliki korelasi positif yang signifikan dengan hasil belajar IPA siswa SMPN 3 Padang Panjang dan korelasi positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa SMPN 3 Padang Panjang.