Abstract:
NURFI ELVITA, NIM 13 106 051 dengan judul ANALISIS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN IPA DAN IPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN SE-KOTA PADANG PANJANG. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran IPA SMPN Se-Kota Padang Panjang dan bagaimana implikasinya terhadap hasil belajar siswa SMPN Se-Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah field research dengan menggunakan mixed methods designs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, pedoman wawancara, pedoman observasi. Uji kelayakan dilakukan di SMPN 5 Padang Panjang yang dibantu 2 orang dosen, 1 orang guru sebagai validator, serta melibatkan 23 orang siswa. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif melalui analisis hasil angket, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian tentang pemanfaatan laboratorium IPA yang didapatkan berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada siswamenunjukan bahwa, keadaan laboratorium berada dalam kategori sedang(58,93%).kondisi laboratoriumberada dalam kategori sedang(55,23%), waktu pelaksanaan pratikum berada dalam kategori kurang(48,84%), Persiapan dan pelaksanaan pratikum berada dalam kategori sedang(57,31%),laporan dan evaluasi pratikumbarada dalam kategori sedang(51,96%).Masing-masing sekolah telah dilengkapi dengan laboratorium guna untuk menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan guru IPA yang di dukung dengan persentase nilai keterampilan siswa dalam kegiatan pratikum yang dilaksanakan selama satu semester (80,98%) dan nilai UTS atau teori yang di pelajari di kelas selama satu semester (76,53%). Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan laboratorium dalam proses pembelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.