Abstract:
NULDA AZMI NIM. 13 106 049, Judul Skripsi “Hubungan Kesulitan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Pariangan pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat gejala kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kesulitan belajar tersebut bersifat akademik yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar IPA siswa yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian adalah mengetahui apa saja tingkatan kesulitan belajar dan bagaimanakah hubungan kesulitan belajar dengan hasil belajar IPA siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan bentuk penelitian deskriptif metode korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Pariangan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Metode pengumpulan data untuk variabel kesulitan belajar adalah dengan angket, sedangkan variabel hasil belajar IPA siswa dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dengan tingkat signifikasi sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan belajar yang dialami oleh siswa SMP Negeri 2 Pariangan pada pembelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup yang berada pada kategori rendah, sedang dan tinggi sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar IPA siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.