Abstract:
MUTIARA. NIM, TBIO 13 106 047 judul skripsi “ Komparasi Hasil Belajar IPA Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VIII MTsN 1 Sawahlunto”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya model pembelajaran yang dilakukan belum mengoptimalkan partisipasi, tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Gerak pada Tumbuhan di MTsN 1 Sawahlunto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimental dan metode yang digunakan adalah komparatif yaitu membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok eksperimen, yaitu kelompok eksperimen I (NHT) dan kelompok eksperimen II (TPS). Rancangan penelitian yang digunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Sawahlunto Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen II.
Hasil Penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen I adalah 87,65 dengan persentase ketuntasan 92,31 % dan rata hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen II adalah 81,85 dengan persentase ketuntasan 69,23%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan diperoleh t_hitung= 1,68 dan t_tabel = 1,645. Karena hipotesis yang diterima yakni Ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Think Pair Share (TPS).