Abstract:
AZZA NURUL LAILIYAH, NIM 13 106 010, Judul Skripsi: “Analisis Butir Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata Pelajaran IPA Kelas VII Semester Genap SMPN 1 Payakumbuh Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar 2017.
Kegiatan evaluasi penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran karena dengan evaluasi dapat diketahui hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan kemudian dari hasil tersebut dapat ditentukan tindak lanjutnya. Selama ini dalam pembuatan/ penyusunan soal ulangan harian dalam bentuk pilihan ganda dan uraian belum pernah dilakukan analisis soal secara menyeluruh. Dalam pelaksanaanya, guru langsung memberikan soal-soal ulangan harian kepada siswa tanpa memperhatikan soal-soal tersebut sudah berkualitas/bermutu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal ulangan harian buatan guru mata pelajaran IPA Kelas VII Semester Genap jika ditinjau dari segi validitas (validitas logis & empiris), reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh/distractor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data-data seperangkat soal UH 1, UH 2 dan UH 3, lembar jawaban siswa, kunci jawaban soal ulangan harian dan daftar nama-nama siswa kelas VII semester genap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal secara validitas logis pada UH 1 jika ditinjau dari aspek konstruksi pada soal no 6 dan 8 yang perlu direvisi. Dan untuk UH 2 jika ditinjau dari aspek materi pada soal no 19 ada dua kunci jawaban sehingga perlu direvisi dan UH 3 menunjukkan bahwa butir soal tersebut sudah sesuai dengan aspek materi, konstruksi dan bahasa/budaya. Kemudian kualitas soal secara validitas empiris menunjukkan bahwa: keseluruhan tingkatan valid untuk UH 1 sebesar 57%, UH 2 sebesar 58% dan UH 3 sebesar 73%; reliabilitas soal UH 1 dan UH 2 termasuk ke dalam kategori tidak reliabel sedangkan UH 3 memiliki indeks reliabilitas tinggi sebesar 1; tingkat kesukaran soal UH 1 dapat diketahui bahwa butir soalnya tergolong ke dalam kategori cukup (sedang) sedangkan UH 2 dan UH 3 tergolong ke dalam kategori terlalu mudah; daya pembeda untuk UH 1, UH 2 dan UH 3 dapat diketahui bahwa memiliki daya pembeda soal dengan kategori cukup; fungsi pengecoh untuk UH 1 berkualitas baik, sedangkan UH 2 berkualitas kurang dan UH 3 fungsi pengecohnya berkualitas sangat baik.