Abstract:
ARIF BUDI. NIM, 13 106 008 judul SKRIPSI “PENGEMMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SEMESTER I KELAS XI MAN LEMBAH MELINTANG”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2017.
Pembelajaran biologi dilaksanakan melalui tori dan praktikum, hal ini dikarenakan biologi bukan hanya pengetahuan berupa konsep, prinsip dan teori saja, tetapi lebih ditekankan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dengan menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau praktikum. Salah satu penunjang terlaksananya praktikum adalah dengan adanya penuntun praktikum. Masalah dalam penelitian ini adalah proses praktikum yang dilaksanakan di MAN Lembah Melintang belum berjalan secara efektif. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terkait bahan ajar yang digunakan dalam praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul praktikum berbasis discovery learning yang valid dan praktis.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) yang dimodifikasi. Model pengembangan modul mengadaptasi model thiagarajan dan Sammel yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik modul hasil pengembangan adalah modul dilengkapi dengan basis discovery learning, kelayakan modul praktikum biologi berbasis discovery learning memperoleh nilai rata-rata 96,42% dengan kategori “sangat Valid”, sedangkan untuk hasil uji coba produk terhadap siswa memperoleh nilai rata-rata 84,50% dengan kategori “sangat baik”. dan untuk respon guru terhadap uji praktikalitas modul memperoleh nilai 80, 53% dengan kategori sangat praktis. simpulan dari penelitian ini adalah bahwa modul praktikum biologi berbasis discovery learning yang peneliti kembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan praktikum di sekolah.