Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh suatu produk yaitu modul pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan PAIKEM berbatuan Jurnal Belajar dalam pembelajaran sistem peredaran darah pada manusia di MTsN Sungai Jambu yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Prosedur pengembangan penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini tidak melakukan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, observasi, angket, dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa modul sistem peredaran darah pada manusia menggunakan penekatan PAIKEM berbantuan Jurnal Belajar telah memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian 77,00% dan juga memenuhi kriteria sangat praktis oleh guru dengan persentase 85, 42% dan dinilai sangat praktis oleh siswa dengan persentase 86,18%. Dengan demikian kualitas produk hasil pengembangan dapat dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilakukan.