Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi yang disebabkan siswa sullit memahami materi biologi karena aktifitas membaca yang rendah, kerja sama siswa dalam kegiatan belajar mengajar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe prediction guide (tebak pelajaran) pada materi sistem peredaran darah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi kelas VIII SMPN 1 Tanjung Emas.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Emas.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan lot. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe prediction guide (tebak pelajaran) pada materi sistem peredaran darah pada pembelajaran biologi kelas VIII SMPN 1 Tanjung Emas kabupaten tanah datar dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe prediction guide (tebak pelajaran) pada materi sistem peredaran darahlebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa padakelas eksperimen 72,85 dan kelas kontrol 65,75. Nilai tertinggi pada kelas eksperimen 100 dan nilai terendah 40 sedangkan pada kelas kontrol nilai tertinggi siswa 90 dan nilai terendah 40 dengan nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) 75.