Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode yang dipakai guru masih bersifat konvensional. Aktivitas dan keikutsertaan siswa dalam pembelajaran biologi juga masih rendah. Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Batusangkar masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diberikan kombinasi model pembelajaran quantum learning dengan metode tanya jawab kelas VIII SMPN 3 Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 3 Batusangkar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan lot. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan kombinasi model pembelajaran quantum learning dengan metode tanya jawab pada materi pertumbuhan dan perkembangan di SMPN 3 Batusangkar dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar biologi siswa dengan penerapan kombinasi model pembelajaran quantum learning dengan metode tanya jawab lebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 67,73 dan kelas kontrol 60,68. Nilai tertinggi pada kelas eksperimen 86,7 dan nilai terendah 43,3 sedangkan pada kelas kontrol nilai tertinggi siswa 73,3 dan nilai terendah 43,3 dengan nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) 75.