Abstract:
Penelitian ini didasari oleh adanya siswa yang hasil belajarnya tinggi sedangkan motivasi belajar rendah dan hasil belajar siswa rendah sedangkan motivasi belajarnya tinggi. Hal ini, peneliti temukan di kelas IX A MTsN Padang Ganting. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IX A MTsN Padang Ganting.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A yang berjmlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara nonprobabilitas. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengisian angket motivasi belajar yang terdiri dari 18 pernyataan berupa 9 butir pernyataan positif dan 9 butir pernyataan negatif. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 18.
Secara umum, hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa di dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA pada materi sistem reproduksi siswa sebesar 27.18 % dengan persamaan regresinya Y = 25,21 + 0,556X dan t = 2,55.