Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa, dan masih rendahnya hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini peneliti membatasi masalah aktivitas belajar siswa selama mengikuti pelajaran, dan hasil belajar siswa dilihat dari ranah kognitif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar siswa, dan apakah hasil belajar ranah kognitif siswa lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa, dan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan kombinasi metode ceramah dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dari pada hasil belajar biologi menggunakan pembelajaran konvensional. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bekerja secara kelompok serta adanya peningkatan pada prestasi belajarnya siswa.
Penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar observasi, yaitu untuk melihat aktivitas siswa. Sedangkan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMPN 2 Batusangkar. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa populasi berdistribusi normal, dan mempunyai varians yang homogen, maka dalam menentukan kelas sampel dilakukan secara random menggunkan teknik undian. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- sebagai kelas kontrol.
Penerapkan kombinasi metode ceramah dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yaitu aktivitas visual, aktivitas mendengarkan, aktivitas mental, dan aktivitas emosional. Aktivitas yang memiliki persentase paling tinggi yaitu aktivitas mendengarkan dengan persentase 96,8%. Hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,22, sedangkan kelas kontrol terdapat rata-ratanya adalah 61,66. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima.Jadi hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan kombinasi metode ceramah dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchlebih baik dari pada pembelajaran konvensional.