Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 3 Rambatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Rambatan. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhirnya berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal.
Dari hasil tes akhir yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,05 denngan persentase ketuntasan 85,71%, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 61,64 dengan persentase ketuntasan 36,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang belajar dengan penerapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dengan Snowball Throwing lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan metode konvensional pada pembelajaran biologi di SMPN 3 Rambatan.