Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan media belajar yang digunakan di SMPN 2 Batusangkar sangat terbatas dengan fokus pada buku paket dan papan tulis. Di samping itu guru juga tidak mampu mengembangkan media pembelajaran karena keterbatasan waktu dan dana yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa Media Pembelajaran IPA menggunakan aplikasi prezi yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Prosedur pengembangan penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini tidak melakukan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, observasi, dan angket. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil validasi oleh validator media prezi yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan presentase penilaian 81,09 %. Penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa media pembelajaran IPA menggunakan aplikasi prezi melalui hasil uji praktikalitas angket respon siswa dikategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 81,5 %, sedangkan uji praktikalitas yang dilakukan melalui angket respon guru dikategorikan sangat praktis dengan persentase 94,83%, Dengan demikian kualitas produk hasil pengembangan dapat dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilakukan.