Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapatnya gaya belajar siswa yang beranekaragam, sedangkan guru tidak sepenuhnya mengetahui gaya belajar setiap siswanya, ditambah lagi dengan guru yang kurang menggunakan strategi dan metode belajar yang bervariasi, sehingga metode yang diterapkan oleh guru tidak semua siswa yang menyukainya. Kemudian dilihat dari hasil belajar biologi siswa, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 2 Sungaitarab ini tergolong rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Kuatnya hubungan dapat dilihat pada tabel interpretasi korelasi.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMAN 2 Sungaitarab tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 71 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan tingkat kesalahan 5%. Metode pengumpulan data untuk variabel gaya belajar adalah dengan angket, sedangkan variabel hasil belajar biologi menggunakan dokumentasi sekolah.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi, hal ini dibuktikan dengan rHitung (0,089) < rTabel (0, 235) maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian tidak menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan ketiga variabel antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi, maka dengan demikian uji hipotesis ini tidak mendukung penelitian.