Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan sumber belajar yang digunakan sangat terbatas dengan fokus pada buku paket dan LKS. Di samping itu guru juga tidak mampu mengembangkan bahan ajar karena keterbatasan waktu dan dana yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa Modul Sistem Peredaran Darah pada Manusia Bermuatan Mind Mapping yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Prosedur pengembangan penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini tidak melakukan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Lembar validitas dan praktikalitas dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil validasi oleh validator modul sistem peredaran darah pada manusia bermuatan mind mapping yang dikembangkan dikategorikan valid dengan presentase penilaian 78,80%. Modul juga telah memenuhi kriteria oleh guru dengan presentase penilaian 80,18% kategori praktis dan dinilai oleh siswa dengan presentase 86,12 % kategori sangat praktis. Dengan demikian kualitas produk hasil pengembangan dapat dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilakukan.