Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Kurang aktifnya siswa dalam belajar, (2) Kesulitan menguasai konsep biologi secara penuh oleh siswa, (3) kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan ide dan pendapat, (4) Dalam menerangkan materi pelajaran masih banyak siswa yang tidak memperhatikannya, (5) Hasil belajar biologi siswa masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dan dapat dikatakan bahwa masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model Active Knowledge Sharing. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model Active Knowledge Sharing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 5 Batipuh.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian (Randomized Control Group Pretest and Postest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batipuh Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII-1, VII-2, dan VII-3 yang berjumlah 61 orang. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VII-3 yang terdiri dari 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhirnya berupa soal pilihan ganda 40 butir soal.
Hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 81, sedangkan kelas kontrol terdapat rata-ratanya adalah 67. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima.Jadi hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih baik dari pada hasil pembelajaran konvensional.