Abstract:
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat pengaruh penerapan strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe Guided Teaching dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 2 Padang Ganting yang menggunakan pembelajaran Cooperative Learning tipe Guided Teaching pada Pokok Bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomizing Control Group Posttest Only Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII SMPN 2 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII-1, VII-2, dan VII-3 yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VII-1 yang terdiri dari 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhirnya berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal.
Hasil penelitian ini dapat digambarkan secara umum bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan analisis data didapatkan rata-rata 79,76 pada kelas eksperimen dan 60,55 pada kelas kontrol. Dengan perhitungan statistik uji-t didapatkan t tabel 1,68, sedangkan t hitung = 7,5, t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima.. Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Leraning tipe Guided Teaching lebih baik dari hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.