Publikasi IAIN Batusangkar

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjaudari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII2 pada Materi Relasi dan Fungsi di MTsN Talang Babungo

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Rita Purnama Sari
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:16:59Z
dc.date.available 2017-06-08T00:16:59Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-03
dc.identifier.isbn 11105018
dc.identifier.isbn 11105018
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700074
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Penelitian ini didasari oleh ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang memuat indikator kemampuan representasi matematika.Sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan Rathi Sundari diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika dengan representasi masih rendah. Hal ini juga peneliti temukan di kelas VIII.2 MTsN Talang Babungo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa tersebut, yaitu: 1) menganalisis kesulitan siswa dalam bahasa dan membaca (Verbal) pada materi relasi dan fungsi, 2) menganalisis kesulitan siswa dalam bentuk Visual-Motorik pada materi relasi dan fungsi, 3) menganalisis kesulitan siswa dalam memahami simbol/rumuspada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif serta melakukan tes diagnostik. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII2 MTsN Talang Babungo berjumlah 25 orang. Pertama siswa diberikan soal tes kemampuan representasi, tujuan tes ini untuk mengelompokkan siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan siswa yang tidak mengalami kesulitan belajar, kemudian siswa yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 13 orang diberi tes diagnostik dengan soal tes kemampuan representasi, untuk mengukur kesulitan siswa dalam karakteristik kesulitan belajar matematika. Selanjutnya dilakukan wawancara pada siswa yang tergolong mengalami kesulitan belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur tabulasi data, analisis hasil tes, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Setelah itu, dilakukan validasi dengan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa 1)semua siswa (100%) mengalami kesulitan dalam bahasa dan membaca (Verbal) diantaranya siswa kesulitan dalam menentukan apa itu relasi dan fungsi, perbedaan serta contoh 2) sebagian siswa (53,84%) mengalami kesulitan dalam bentuk Visual-Motorik diantaranya siswa kesulitan dalam menyajikan tabel fungsi serta keliru dalam menggambar grafik fungsi pada koordinat cartesius 3) sebanyak 15,38% siswa mengalami kesulitan dalam memahami simbol/rumus diantaranya dalam menentukan rumus dan bentuk fungsi.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.title Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjaudari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII2 pada Materi Relasi dan Fungsi di MTsN Talang Babungo
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku