Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI PADA KELAS X MIPA SMA/MA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RIZKI VERNANDO
dc.date.accessioned 2020-12-16T08:30:38Z
dc.date.available 2020-12-16T08:30:38Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-09-14
dc.identifier.isbn 15300700022
dc.identifier.isbn 15300700022
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000485
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/HAvnR9MIZAkBCiLHX3prBDCl9GuBmJZ.pdf
dc.description.abstract Rizki Vernando, NIM : 15 300 700 022, Judul Skripsi “Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Pada Kelas X MIPA SMA/ MA”, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang bervariasinya penerapan media pembelajaran yang digunakan di sekolah sehingga tidak menarik dan memotivasi peserta didik khusunya pada materi usaha dan energi. Media pembelajaran yang digunakan berupa media cetak yang kurang sesuai dengan perkembangn teknologi sekarang ini. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan video pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan 4-D (Difine, Design, Develop, dan Disseminate) karena keterbatasan waktu dan biaya, maka pada penelitian ini terdiri dari 3 tahap saja yaitu (1) Tahap Pendefinisian (Definisi) dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum di sekolah, menganalisis silabus pembelajaran fisika kelas X MIPA SMA Semester 2, menganalisis media pembelajaran yang dipakai oleh pendidik mata pelajaran fisika di sekolah sebagai sumber belajar peserta didik dan mereview literature tentang media pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut, (2) Tahap Design, yaitu merancang design video pembelajaran fisika, (3) Tahap Develop, untuk melihat validitas dan praktikalitas dari video pembelajaran fisika. Instrument penelitian yang digunakan yaitu; 1) lembar validasi video pembelajaran, RPP, angket respon peserta didik dan angket respon pendidik; 2) Lembar angket respon peserta didik dan angket respon pendidik, uji praktikalitas dilakukan terhadap 33 orang peserta didik dan 2 orang pendidik di SMAN 1 Sungai Tarab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi video pembelajaran fisika yang diperoleh sebanyak 81,06 % dengan kategori sangat valid, hasil angket respon peserta didik terhadap Praktikalitas video pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi diperoleh sebanyak 84,03 % dengan kategori sangat praktis dan anget respon pendidik terhadap Praktikalitas video pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi diperoleh sebanyak 95,58 % dengan kategori sangat praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109606&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI PADA KELAS X MIPA SMA/MA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku