Publikasi IAIN Batusangkar

PEMANFAATAN VIDEO TRACKER DALAM PENGEMBANGAN E- MODUL TERINTERKONEKSI AL-QUR’AN PADA MATERI GLBB KELAS X SMA/MA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SALIMA AL-AZHARI
dc.date.accessioned 2020-12-16T08:30:51Z
dc.date.available 2020-12-16T08:30:51Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-09-11
dc.identifier.isbn 1630107035
dc.identifier.isbn 1630107035
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000481
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/GmhB0KyIxxwMc6LG42Lj9H3FX8NvPE.pdf
dc.description.abstract Salima Al-Azhari, NIM. 1630107035, Judul Skripsi: “PEMANFAATAN VIDEO TRACKER DALAM PENGEMBANGAN EMODUL TERINTERKONEKSI AL-QUR’AN PADA MATERI GLBB KELAS X SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Penelitian ini bertolak dari permasalahan yaitu keseimbangan antara kemampuan intelektual dan spiritual yang menyebabkan generasi muda lebih cendrung mementingkan ilmu umum yang memicu perkembangan tehknologi saat ini dan mengabaikan ilmu agama. sehingga tidak seimbangnya antara intelektual dan spiritualnya. Mengingat apa yang menjadi orientasi SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah yang terwujud dalam visi Sekolah yaitu membentuk generasi yang berahklak mulia, berprestasi dan kreatif. Kurikulum yang digunakan di sekolah yaitu kurikulum 2013 yang menuntut siswa mandiri dan aktif. Salah satu sumber belajar yang mampu menjadikan siswa belajar mandiri serta seimbang antara intelektual dan spiritual adalah modul yang diinterkoneksikan dengan Al-qur’an. Berdasarkan masalah di atas maka dikembangkan e-modul fisika terinterkoneksi Al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul untuk pembelajaran fisika dengan terinterkoneksi Al-qur’an yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, dan angket. Modul divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 1 orang dosen fisika, 1 oang dosen ilmu Al-qur’an dan 1 orang guru bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas e-modul fisika di uji cobakan pada 10 orang siswa kelas X SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap e-modul terinterkoneksi Al-qur’an materi GLBB yang dikembangkan untuk kelas X SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah adalah valid dengan persentase sebesar 83,6%.(2) Hasil uji coba terhadap praktikalitas e-modul terinterkoneksi Al-qur’an dengan pemanfaatan video tracker yang telah dikembangkan menunjukan hasil praktikalitas guru yaitu 86% dan praktikalitas siswa 87,35% dengan kategori sangat praktis yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109602&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.072
dc.subject.ddc 530.072
dc.title PEMANFAATAN VIDEO TRACKER DALAM PENGEMBANGAN E- MODUL TERINTERKONEKSI AL-QUR’AN PADA MATERI GLBB KELAS X SMA/MA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku