Abstract:
Tiara Sya’bani, NIM :1630107038, Judul Skripsi “Pengembangan Modul IPA Materi Getaran Gelombang dan Bunyi Berbasis ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Terintegrasi Al – Qur’an pada Kelas VII SMP/MTS”, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap materi fisika dan juga bahan ajar yang menunjang sehingga pada saat pembelajaran berlangsung mereka kurang memperhatikan guru. Disamping itu, mereka sulit memahami materi fisika terutama pada materi getaran gelombang dan bunyi. Bahan ajar yang tersedia juga kurang membantu siswa untuk belajar secara mandiri dikarenakan guru hanya bersumber kepada buku paket tanpa ada bahan penunjang lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis ECIRR terintegrasi Al – Qur’an pada materi getaran gelombang dan bunyi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan 4-D (define, design, develop, dan desseminate). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap saja yaitu pendefinisian (define), design dan develop. Pada tahap define didapatkan gambaran umum sekolah, seperti proses pembelajaran, kendala yang dihadapi di dalam kelas dan karakteristik peserta didik. Pada tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang bahan ajar berupa modul menggunakan model ECIRR terintegrasi Al – Qur’an dalam pembelajaran IPA. Adapun tahapnya yakni pembuatan garis besar program media, Pembuatan flowchart, Penyusunan desain produk (story board), Pengumpulan objek rancangan berupa materi, soal dan jawaban, pengumpulan background, gambar. Pada tahap ketiga yaitu develop, untuk melihat validitas dan praktikalitas dari bahan ajar berupa modul berbasis ECIRR terintegrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar modul berbasis ECIRR terintegrasi Al – Qur’an pada materi getaran gelombang dan bunyi yang diperoleh adalah 82,59% dengan ketegori sangat valid. Hasil praktikalitas bahan ajar modul berbasis ECIRR terintegrasi Al – Qur’an dalam pembelajaran IPA yang diperoleh dari hasil angket respon siswa 87,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket guru terhadap praktikalitas modul berbasis ECIRR terintegrasi Al- Qur’an diperoleh hasil 83,33% dengan kategori sangat praktis.