Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Probing Prompting pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII UPT SMPN 3 Batusangkar

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MONIKA ARIANI
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:50:44Z
dc.date.available 2021-11-02T07:50:44Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-24
dc.identifier.isbn NIM:1730106027
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100529
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/e1poTJbMgGiBNMDENgOgxjyOYO8pQgoe.pdf
dc.description.abstract Monika Ariani, NIM. 1730106027, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBING PROMPTING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII UPT SMPN 3 BATUSANGKAR”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar seperti buku paket dan LKPD masih terbatas, LKPD yang pernah dibuat oleh guru belum sesuai dengan pengertian LKPD sesungguhnya, LKPD yang ada tidak memiliki materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas, hanya berisi kumpulan soal yang kemudian dijadikan sebagai PR. Kegiatan pembelajaran tidak terlalu mempunyai media yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting yang valid dan praktis pada pembelajaran IPA kelas VIII UPT SMPN 3 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Reseach And Development). Model penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar uji validasi dan lembar uji praktikalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru mata pelajaran IPA dan 27 orang peserta didik kelas VIII.4. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting pada materi sistem ekskresi pada manusia. Lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting dinilai oleh 3 validator, diantaranya ahli pembelajaran, ahli bahasa, serta ahli materi. Lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting dikategorikan valid dengan persentase 79,01% dan dinilai sangat praktis oleh peserta didik serta guru dengan persentase 86,60 % dan 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting dinyatakan valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi- pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Probing Prompting pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII UPT SMPN 3 Batusangkar
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku