Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VII PONDOK PESANTREN THAWALIB TANJUNG LIMAU

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NADIATUL FAJRIAH
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:50:55Z
dc.date.available 2021-11-02T07:50:55Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-24
dc.identifier.isbn NIM:1730106029
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100521
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/m7YhYoLNBgzR8ToTyY4b1NKUPhsC1Jy.pdf
dc.description.abstract Nadiatul Fajriah, NIM. 1730106029, Judul Skripsi: “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Guided Discovery Learning Pada Kelas VII Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan buku paket atau bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik. Selain itu, proses pembelajaran masih dominan satu arah, hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang kurang aktif, cenderung diam dan banyak yang tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul BiologiBerbasis Guided Discovery Learning pada Kelas VII Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach And Development) dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap dari 4 tahap yang ada yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validasi dan lembar uji praktikalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah modul berbasis guided discovery learning dinilai sangat valid oleh 3 orang validator, dengan persentase 81,48%. Total persentase hasil respon uji praktikalitas modul biologi berbasis guided discovery learning pada pembelajaran IPA oleh siswa dan guru adalah 92,05% dan 80,35% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis biologi guided discovery learning pada kelas VII Pondok Pesantren Thawalib Tanjung Limau yang dikembangkan adalah sangat valid dan sangat praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi- pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA KELAS VII PONDOK PESANTREN THAWALIB TANJUNG LIMAU
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku