Publikasi IAIN Batusangkar

PERBANDINGAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI MTSN 1 TANAH DATAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Miftahul Jannah
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:38:33Z
dc.date.available 2022-05-19T08:38:33Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730105028
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200234
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/QKdtRYAXHyUzN32Mi8OFZfHhF2hOY2.pdf
dc.description.abstract MIFTAHUL JANNAH. NIM. 1730105028. Judul SKRIPSI “Perbandingan Pencapaian Hasil Belajar Matematika Peserta didik Pada Proses Pembelajaran Daring dan Luring di MTsN 1 Tanah Datar”. Skripsi Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih jauh dari yang diharapkan. Rendahnya hasil belajar dan pencapaian hasil belajar matematika peserta didik khususnya kelas IX di MTsN 1 Tanah Datar. Salah satunya disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang kurang tepat pada masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian hasil belajar kognitif matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran daring dengan pembelajaran luring di MTsN 1 Tanah Datar, dan pembelajaran manakah yang lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimen Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di MTsN 1 Tanah Datar tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling), sehingga kelas yang diambil menjadi sampel adalah kelas IX. 2 yang berjumlah 21 orang peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes yang dilakukan pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. N-gain digunakan untuk melihat peningkatan dan pencapaian kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakukan. Teknik analisis datanya adalah uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian hasil belajar kognitif matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran daring dengan pembelajaran luring di MTsN 1 Tanah Datar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t nilai N-gain yang menyatakan hasil nilai gain ternormalisasi pembelajaran daring dan luring yaitu nilai statistik d - (nilai kritis) atau -3.04 -2.20 maka H0 ditolak. Selanjutnya pembelajaran luring lebih baik dari pembelajaran daring, dapat diketahui dari hasil uji nilai gain ternormalisasi yang memperoleh hasil yaitu nilai statistik d - (nilai kritis) atau -3.04 -1.80, maka H0 ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PERBANDINGAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI MTSN 1 TANAH DATAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku