Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | SRI RAHAYU NENGSIH | |
dc.date.accessioned | 2017-06-08T00:38:24Z | |
dc.date.available | 2017-06-08T00:38:24Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2016-05-13 | |
dc.identifier.isbn | 11107050 | |
dc.identifier.isbn | 11107050 | |
dc.identifier.issn | 11107050 | |
dc.identifier.other | 02.2160213 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN FISIKA BERBASIS INQUIRY PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMPN 1 RAMBATAN Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah media yang kurang bervariasi dan menarik serta kurang sesuai dengan perkembangan kurikulum yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Rambatan yaitu kurikulum 2013, sehingga berujung kepada rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar fisika. Maka peneliti memberikan solusi terhadap permasalahan yang ditemukan dengan mengembangkan media buletin fisika berbasis inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buletin fisika pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry yang valid dan praktis untuk siswa kelas VIII semester 2 di SMPN 1 Rambatan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development). Penelitian pengembangan terdiri dari 4 tahap yang disebut 4-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessemminate). Karena pada tahap penyebaran (desseminate) membutuhkan waktu yang lama, maka penelitian hanya sampai tahap pengembangan (develop). Uji kelayakan buletin dilakukan melalui tahap validasi dan praktikalisasi. Untuk tahap validasi dilakukan oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen pendidikan fisika, dan 1 orang dosen media, sedangkan untuk tahap praktikalisasi dilakukan di SMPN 1 Rambatan yang melibatkan 23 siswa. Teknik pengumpulan data analisis validasi, lembar obsevasi, dan lembar angket respon. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Dalam penelitian ini telah dirancang media buletin fisika pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry yang berisi materi yang disajikan dan percobaan sederhana sesuai dengan langkah-langkah inquiry yaitu identifikasi dan klarifikasi persoalan, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan mengambil keputusan. (2) Hasil validasi terhadap media buletin fisika pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry yang dikembangkan untuk kelas VIII semester 2 adalah valid dengan persentase 70.29 % (3) Hasil obsevasi yang dilakukan terhadap guru menunjukkan bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan mengunakan media buletin fisika pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry sangat praktis. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Fisika- Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 530.07 | |
dc.subject.ddc | 530.07 | |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Fisika Berbasis Inquiry Pada Materi Cahaya Pada Alat Optik Kelas VIII SMPN 1 Rambatan | |
dc.type | Skripsi |