Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL SETTING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA DI SMAN 2 RAMBATAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DEBI NOFITA SARI
dc.date.accessioned 2017-10-27T09:40:57Z
dc.date.available 2017-10-27T09:40:57Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-07-14
dc.identifier.isbn 02.21700496
dc.identifier.isbn 02.21700496
dc.identifier.issn 12 108 045
dc.identifier.other 02.21700496
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya etika komunikasi siswa di SMAN 2 Rambatan. Salah satu teknik yang dapat meningkatkan etika komunikasi adalah konseling analisis transaksional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling analisis transaksional setting kelompok berpengaruh terhadap etika komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Rambatan kelas X3 dan sampel sebanyak 13 orang. Instrument yang digunakan skala etika komunikasi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Skor etika komunikasi sebelum treatmen (hasil pretest) jumlah skor 1045 dengan rata-rata 80,38. Selanjutnya setelah diberikan treatmen (hasil posttest) jumlah skor meningkat menjadi 1648 dan rata-rata 126,7, (2) konseling analisis transaksional setting kelompok berpengaruh terhadap peningkatan etika komunikasi siswa kelas X3 di SMAN 2 Rambatan dengan taraf signifikansi 1% dengan harga thitung 7,80 dan ttabel 3,06 (7,80 > 3,06)
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title PENGARUH KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL SETTING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA DI SMAN 2 RAMBATAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku