Abstract:
ABSTRAK
HERU KURNIAWAN, NIM 13 232 031, judul Skripsi “PENGARUH STANDAR PELAYANAN PEMBAYARAN TAGIHAN AIR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PDAM TIRTA ALAMI KABUPATEN TANAH DATAR”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Syariah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan seberapa besar pengaruh tiga imesi standar pelayanan pembayaran tagihan air terhadap kepuasan konsumen pada PDAM Tirta Alami Kabupaten Tanah Datar. standar pelayanan ini adalah (1)Keterjangkauan akses (fullfilment), (2)Efesiensi (effisienci), dan (3)Keandalan/Pengukuran (Reliabilitas).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian ini adalah pada PDAM Tirta Alami Kabupaten Tanah Datar. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa penyebaran kuesioner yang didapatkan dari pelanggan PDAM Tirta Alami Kabupaten Tanah Datar. Analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Sedangkan sampelnya diambil dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear sedaerhana dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 22.20.
Hasil penelitian pada PDAM Tirta Alami Kabupaten Tanah Datar dengan menggunakan analisi regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara tiga dimensi standar pelayanan pembayaran rekening air terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Tirta Alami Kabupaten Tanah Datar, ini dibuktikan dengan analisis regresi linear sederhana v = 4,294 + 0,873x, maka nilai dari konstanta (a) 4,294; ini diartikan jika standar pelayanan nilainya 0, maka kepuasan pelanggan nilainya 4,294, nilai regresi variabel kepauasan pelayanan (b) bernilai positif yaitu 0,873; ini dapat diartikan bahwa setiap stadar pelayan sebesar 1,00 maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 0,873. Dilihat dari uji t maka t hitung sebesar 14,157. Sementara t tabel diperoleh sebesar 1,985. Jadi t hitung >t tabel (14,157 > 1,985) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Hₒ ditolak dan H diterima. Artinya standar pelayanan pembayaran rekening air berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Tirta Alami Kabupaten Tanah Datar.