Abstract:
ABSTRAK
ROVINA, NIM 13 104 081, judul skripsi, “An Analysis of Complaint Letter WRITTEN BY English Department Students of IAIN Batusangkar Registered in 2017/2018 Academic Year. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penulisan complaint letter masih ada yang belum tepat dalam penerapan prinsip-prinsipnya oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris IAIN Batusangkar tahun akademik 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip dalam penulisan complaint letter oleh mahasiswa semester tujuh yang telah mengambil mata kuliah English Correspondence.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik konten analisis untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip-prinsip dalam complaint letter. Data dari penelitian ini adalah Complaint Letters yang ditulis oleh mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris yang berjumlah 22 dokumen. Dan sumber data adalah ujian akhir dari English correspondence yang didapat dari dosen mata kuliah itu sendiri. Penelitian ini menggunakan total sampling dimana semua data dijadikan sample. Instrument dari penelitian ini adalahpeneliti itu sendiri dan juga document yang didapat oleh peneliti dari dosen English Correspondence. Dalam penelitian ini ada enam langkah yang dilakukan untuk menganalisi data berdasarkan teori analisis isi dari Chelimsky (1989) yaitu Deciding to use content analysis, Determining what points should be included in content analysis, Selecting unit analysis, Developing the coding categories, Coding the utterances, and Analysing and interpreting the result.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk prinsip yang pertama pada complaint letter yaitu Describe the situation, tidak semua mahasiswa bisa mendesripsikan situasi dengan jelas. Tiga dari dua puluh dua mahasiswa mendeskripsikan situasi dengan jelas menurut criteria yang ada pada prinsip itu sendiri yaitu what it is, when you noticed it, how it can inconvenient you.. Sembilan belas mahasiswa mendeskripsikan situasi dengan dua criteria yaitu what it is and how it can inconvenient you . Dan dua mahasiswa mndeskrisikan situasi dengan satu criteria. Untuk prinsip kedua yaitu explaining problem and provide factual detail. Dalam prinsip ini ada 4 pilihan mahasiswa dalam menyampaikan masalahnya. Tetapi dalam surat yang ditemukan ada 2 jenis saja yang di buat oleh mahasiswa. Setiap jenis nya ada enam kriteria pada masing-masingnya. Dalam menyebutkan prinsip ini. Empat dari dua puluh dua mahasiswa menrapkan empat dari criteria pada prinsip ini, empat belas mahasiswa menerapkan dua criteria dan tiga mahasiswa hanya menerapkan satu criteria dari prinsip kedua ini.
Prinsip yang ketiga adalah solution. Pada prinsip ini ada dua criteria yang harus dibuat oleh mahasiswa yang pertama adalah Request for action dan Enclosed copies of document. Lima dari dua puluh dua mahasiswa menerapkan kedua criteria ini. Enam mahasiswa menyebutkan Request for action dan hanya dua mahasiswa menyebutkan Enclosed copies of document.
Prinsip yang keempat adalah warning, ini adalah pilihan jadi mahasiswa boleh menerapkan dan boleh tidak menerapkan prinsip ini. Dari dua puluh dua document ada empat mahasiswa yang menerapkan prinsip ini. Prinsip yang kelima adalah suggest deadline for action. Ada dua criteria dalam prinsip ini, state the limited time for response dan State name/address/email/phone number. Lima mahasiswa menerapkan kedua dari prinsip ini, hanya satu mahasiswa menyebutkan limited time for response dan tiga mahasiswa menyebutkan name/address/email/phone number.
Prinsip yang terakhir adalah closing. Tujuh belas dari dua puluh dua mahasiswa menerapkan prinsip ini, dan hanya lima mahasiswa yang tidak menerapkan prinsip ini.