Abstract:
ABSTRAK Widi Andriani Hasibuan, NIM. 13 232 083, judul Skripsi: “Strategi Pemasaran Dendeng Daun Singkong Industri Rumah Tangga Ismet Pagan Dengan Menggunakan Analisis SWOT”, Jurusan Ekonomi Syariah, Program Studi Ekonomi Syariah/Manajemen Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Industri Rumah Tangga Ismet Pagan terjadinya penurunan penjualan dendeng daun singkong pada Bulan Januari–Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Industri Rumah Tangga Ismet Pagan dalam memasarkan Dendeng Daun Singkongnya, 2) Alternatif strategi pemasaran apa saja yang dapat diterapkan dalam memasarkan dendeng daun singkong Industri Rumah Tangga Ismet Pagan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, data yang penulis gunakan adalah data primer yang penulis dapatkan secara langsung dari pemilik Industri Rumah Tangga Ismet Pagan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan analisis SWOT Industri Rumah Tangga Ismet Pagan memiliki kondisi yang kurang baik, berdasarkan faktor internal, Industri Rumah Tangga Ismet Pagan memiliki strenght (kekuatan) yaitu memiliki produk yang berkualitas, lokasinya strategis, sedangkan weaknesses (kelemahan) yang dimilikinya adalah bahan baku sulit didapat, tidak memanfaatkan perkembangan teknologi seperti internet untuk mempromosikan produknya, kemasan produk yang tidak menarik, dan untuk faktor eksternalnya Industri Rumah Tangga Ismet Pagan memiliki kondisi yang kurang baik karena opportunities (peluang) yaitu adanya perluasan pasar, harga yang bersaing dapat meningkatkan penjualan, sedangkan threats (ancaman) yang dimilikinya adalah adanya pesaing yang memproduksi produk dendeng daun singkong yang sama, adanya perbedaan harga antara sesama penjuan, tidak adanya kegiatan promosi. Dari analisis SWOT dapat ditawarkan kepada Industri Rumah Tangga Ismet Pagan berbagai alternatif strategi pemasaran yang bisa diterapkan oleh Industri Rumah Tangga Ismet Pagan yaitu Strategi SO adalah konsisten terhadap kualitas rasa produk dendeng daun singkong dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pemasaran, memasarkan dendeng daun singkong melalui teknologi modern, strategi WO adalah melakukan inovasi rasa, memanfaatkan teknologi untuk melakukan promosi, strategi ST adalah menjaga kualitas rasa sehingga pelanggan tidak beralih ke pesaing, dan dengan sasaran pasar yang lebih luas dari pesaing tidak akan mengurangi tingkat penjualan, Strategi WT adalah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk promosi agar produk lebih dikenal masyarakat. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT