Abstract:
Abstrak Lucky Melan Sari, Nim 13 104 039. Judul Skripsi “Students’ Opinion on Lecturer’s Corrective Feedback in Writing Research Proposal (A Case Study of the Fifth Semester Students of English Teaching Department of IAIN Batusangkar Registered in 2017/2018 Academic Year).” Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (iain) Batusangkar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah adanya beragam opini mahasiswa terhadap corrective feedback yang diberikan kepada mahasiswa Tbi Iain Batusangkar semester kelima tahun akademik 2017/2018 pada penulisan proposal penelitian mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja opini mahasiswa terhadap pemberian corrective feedback dalam penulisan proposal penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dari penelitian ini sebanyak 13 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data dengan membandingkan wawancara pertama dan wawancara kedua. Selanjutnya, untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles and Huberman (1994) yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, serta memverifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada delapan opini mahasiswa terhadap corrective feedback yang diberikan oleh dosen Writing V pada penulisan proposal penelitian mahasiswa semester kelima. Opini tersebut dibagi menjadi opini positif dan opini negatif. Opini positif terhadap corrective feedback ini adalah a) corrective feedback membantu mahasiswa mengetahui kesalahan mereka dalam menulis proposal penelitian dan belajar dari kesalahan tersebut; b) corrective feedback dapat membantu mahasiswa untuk belajar menulis proposal penelitian yang sesungguhnya; c) corrective feedback membuat mahasiswa mengerti tentang penulisan proposal penelitian; d) corrective feedback bisa menjadi panduan untuk menulis proposal penelitian; e) individual corrective feedback efektif diberikan didalam kelas. Opini negative dari corrective feedback ini adalah a) corrective feedback yang diberikan terbatas oleh waktu; b) corrective feedback ketika mahasiswa menunggu kesempatan untuk mendapatkan corrective feedback tersebut menghabiskan waktu; dan c) dosen tidak focus memberikan group corrective feedback.