Abstract:
ABSTRAK FEBBY ANANDA ETRESIA, Reg. No. 13 104 020, judul skripsi “AN ANALYSIS OF TEACHER TALK IN THE CLASSROOM INTERACTION”. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya beragam ujaran dosen baik secara langsung dan tidak langsung di dalam interaksi kelas Speaking V di semester ke lima Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar Tahun Akademik 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis ujaran dosen yang terjadi dalam interaksi kelas di kelas Speaking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain content analysis dimana peneliti sebagai instrumen utama. Selain peneliti sendiri, peneliti juga menggunakan instrumen lain dalam mengumpulkan data seperti, handphone, table analysis dan transkrip video. Dalam pengambilan data, peneliti merekam pembicaraan guru selama proses pembelajaran berlangsung dan peneliti mendapatkan empat rekaman dari dua kelas Speaking. Peneliti mendapatkan rekaman pada kelas TBI 5A 2 video dan pada kelas TBI 5B 2 video. Selanjutnya dalam menganalisis data, peneliti menggunakan langkah-langkah yang di ambil dari teori Chelimsky (1989) yaitu memutuskan untuk menggunakan content analysis, menentukan poin-poin yang harus dimasukkan dalam content analysis, mengembangkan kategori kode, mengkode dan menginterpretasikan hasil yang ditemukan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa teacher menggunakan dua tipe ujaran yaitu langsung (direct) dan tidak langsung (indirect) dalam memberikan materi terhadap mahasiswa. Pada ujaran tersebut, peneliti menemukan beberapa ujaran yang digunakan di dalam interaksi kelas. Pada ujaran dosen secara langsung, peneliti menemukan empat jenis ujaran dosen yang digunakan pada saat mengajar di dalam kelas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, ujaran dosen di dalam memberi informasi terdapat 19 ujaran dan memberi petunjuk terdapat 16 ujaran yang merupakan tipe ujaran yang dominan yang digunakan oleh dosen. Sedangkan ujaran membenarkan tanpa penolakan 2 ujaran dan ujaran berkaitan dengan perasaan 1 ujaran merupakan jenis ujaran yang paling sedikit yang digunakan oleh dosen dalam memberikan materi di dalam interaksi kelas.