Abstract:
ABSTRAK Amalia Reza Putri, 13.104.003 THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ CLASSROOM PARTICIPATION AND THEIR SELF-EFFICACY IN METHODS OF TEACHING SUBJECT. Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Batusangkar. Self-Efficacy merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa dalam belajar, maka peneliti ingin meneliti hubungan antara partisipasi mahasiswa dengan self-Efficacy mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada hubungan yang signifikan antara partisipasi mahasiswa semester kelima Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar tahun akademik 2017/2018 dengan self-efficacy mereka pada kelas Methods of Teaching. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 71 orang mahasiswa semester kelima yang mengambil mata kuliah Methods of Teaching pada tahun akademik 2017/2018 di IAIN Batusangkar. Sampel penelitian ini adalah 56 orang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang self-efficacy dan lembar penilaian partisipasi (Professor Mayer:2011) mahasiswa pada mata kuliah Methods of Teaching. Angket self-efficacy yang digunakan sebanyak 36 item. Untuk menguji keabsahan data angket self-efficacy peneliti melakukan uji coba angket kepada 15 orang sampel dan dari hasil tersebut terdapat 18 item valid, 7 item direvisi dan 10 item dibuang. Untuk lembar penilaian partisipasi semua item valid. Pengujian keabsahan data yaitu yang pertama dengan descriptive statistic dan yang langkah kedua dengan inferential statistics yaitu tes normalitas dan homogenitas dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS versi 22. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus product moment, dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara partisipasi mahasiswa dengan self-efficacy mereka pada mata kuliah methods of teching. Ini dibuktikan dengan diterimanya hipotesis alternatifl (Ha) dan ditolaknya hipotesis nihil (Ho) yang terlihat dari hasil perhitungan rxy lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% dimana rxy sebesar 0,448 dan rtabel 0.263. Jadi dapat disimpulkan antara self-efficacy dengan partisipasi mahasiswa pada kelas methods of teaching terdapat hubungan yang signifikan.