Abstract:
ABSTRAK Lestari PermataBunda: 14 131 022, “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Warga Madrasah di MIN Sungai Tarab”. Skripsi, Batusangkar: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar, 2018. Penelitianini dimaksudkan untuk mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Warga Madrasah di MIN Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi di MIN Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala MIN Sungai Tarab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Untuk mengecek keabsahan datanya peneliti menggunakan Triangulasi. Dari hasil penelitan menunjukan bahwa kepala MIN Sungai Tarab melaksanakan perannya sebagai pendidik dengan cara menegaskan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang akan mengajar di suatu kelas bahwasanya kedisiplinan kelas menjadi tanggung jawab pendidik yang mengajar di kelas tersebut, sebagai manajer yaitu dengan cara mempengaruhi warga madrasah untuk dapat bekerja sama dalam menegakkan kedisiplinan, sebagai administrator dengan cara memberikan arahan dan bimbingan dalam melaksanakan kegiatan administrasi. Kepala madrasah sebagai supervisor selalu melakukan pengawasan terhadap kedisiplinan yang ada di lingkungan madrasah, sebagai leader yaitu memberikan contoh teladan yang baik bagi warga madrasah yang dimulai dari diri sendiri, sebagai inovator kepala madrasah mempengaruhi warga madrasah secara kekeluargaan untuk dapat menegakkan kedisiplinan, sebagai motivator kepala madrasah selalu memberikan reward bagi warga madrasah yang berprestasi dan selalu memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kedisiplinan di madrasah dan mematuhi setiap peraturan yang ada di madrasah.
Description:
Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Kedisiplinan, Warga Madrasah, MIN
Sungai Tarab