Abstract:
Pembahasan skripsi ini bertolak dari pokok masalah yaitu rendahnya pemahaman anak dalam memahami kosep bilangan, kemampuan dalam memahami konsep bilangan pada anak dapat dilakukan berupa menyebutkan lambang bilangan 1-10, menggunakan lambang bilangan untuk berhitung dan mencocokan bilangan dengan lambang bilangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 di TK Harapan Bunda Situmbuk pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 13 orang dengan jumlah anak laki-laki 8 orang dan anak perempuan 5 orang. Data tentang kemampuan anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi, dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Dan teknik analisis data dilakukan dengan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan melalui permainan dadu pada siklus I sudah meningkat dengan rata-rata BSH 41,56% dan BSB 4,62%. Dibandingkan dengan kondisi awal BSH 20,02% dan BSB belum ada, sedangkan pada siklus II sudah meningkat dengan rata-rata BSH 35,36% dan BSB 55,34%, sehingga BSH dan BSB sudah mencapai 90,70%.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan melakukan permainan dadu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan.