Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang Peranan Pendidik PAUD dalam mengajarkan disiplin kepada anak usia dini di PAUD Sayang Ibu Situmbuk. Paranan pendidik anak usia dini harus siap dalam menghadapi problema anak yang terkait masalah psikososial, bahasa, komunikasi, kognitif dan kreativitas. Disiplin merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendidik PAUD berperan dalam mengajarkan disiplin kepada anak usia dini di PAUD Sayang Ibu.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan total Sampling. Sampel penelitian adalah anak yang berumur 4-5 tahun yang berjumlah 30 anak dan 4 pendidik. Metode pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data ini dikumpulkan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan persiapan, tabulasi data, dan penerapan data dengan rumus rata-rata hitung.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat rata-rata perolehan nilai capaian sebesar 3,83 dari data responden dan rata-rata perolehan nilai capaian sebesar 2,89 dari data observer. Berdasarkan interpretasi data yang memiliki peranan tinggi maka diperoleh nilai capaian sebesar 3,0, sedangkan untuk peranan sedang memilki nilai capaian 2,01, serta untuk peranan kurang memiliki nilai capaian 1,01, dan untuk tidak ada peranan memiliki nilai capaian 0. Setelah digabungkan jumlah hasil data skor responden dan observer maka didapat nilai capaian sebesar 3,36. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidik PAUD memiliki peranan tinggi dalam mengajarkan disiplin.