Abstract:
Penelitian ini mengkaji tentang Mengembangkan Percaya Diri Anak Melalui Pendekatan Problem Solvingdi TK A pada TK Baitul Makmur Nagari Minangkabau. Percaya diri merupakan sebuah perasaan di mana anak mempunyai keyakinan tentang dirinya sendiri bahwa anak mempunyai konsep tentang diri sendiri. Perasaan ini juga dikembangkan dari interaksi dengan orang lain, yakni dari respon orang lain terhadap dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan problem solving dapat mengembangkan percaya diri anak pada TK A Baitul Makmur Nagari Minangkabau.
Penelitian ini dilaksanakan di TK A pada TK Baitul Makmur Nagari Minangkabau. Populasi penelitian berjumlah 15 orang anak dan sampelnya berjumlah 5 orang. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian Pre exsperimen dengan tipe one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi dan pengamatan. Sebelum perlakuan/treatment diberikan kepada anak, terlebih dahulu diberikan pretest untuk melihat perkembangan percaya diri anakusia 4-5 tahun di TK A pada TK Baitul Makmur Nagari Minangkabau. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 23,2. Setelah dilakukan pretest kemudian diberikan perlakuan berupa pendekatan problem solving, selama melaksanakan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 34,2.
Hasil penelitian menunjukkan informasi bahwa setelah melakukan pendekatan problem solving percaya diri anak sudah bagus. Ketika anak disuruh ke depan kelas anak sudah berani tampil di depan kelas tanpa ragu-ragu. Anak tidak meminta bantuan apabila anak mampu melakukan sendiri. Saat anak tidak mampu melaksanakan tugas, anak meminta bantuan pada teman yang dapat membantu, dan anak mampu menyelesaikan tugas yang sulit. Percaya diri anak sudah berkembang setelah diberikannya pendekatan prolem solving.