Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan motorik halus anak di PAUD Pamenan Hati Pasar Tanjung Gadang. Hal ini diduga karena media yang digunakan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan media playdough.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media playdough dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian murid yang ada di PAUD “Pamenan Hati” Pasar Tanjung Gadang yang berjumlah 10 anak pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembaran observasi. Teknik analisis data deskriptif dengan menggunakan rumus persentase dan statistik. Berdasarkan hasil deskriptif dapat disimpulkan bahwa keterampilan dalam meningkatkan motorik halus anak melalui media playdough meningkat dengan 12 indikator pada tiap-tiap pertemuan.
Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pretest-postest. Hal ini berarti kegiatan media playdough dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di Paud “Pamenan Hati” Pasar Tanjung Gadang.