Abstract:
MARDIA, NIM: 14 232 038, judulskripsi “Analisis pengaruh citra merek terhadap minat beli Notebook Acer (Studi pada mahasiswa IAIN Batusangkar) “,Jurusan Ekonomi Syariah/Manajemen Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, tahun 2018.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi pada Top Brand Award tahun 2014-2017. Akan tetapi pada Market share nya menduduki posisi ke enam pada tahun 2016-2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap minat beli Notebook Acer Mahasiswa IAIN Batusangkar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Field Research (Penelitian lapangan) dengan metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Isaac dan Michel. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Citra merek dan Minat beli. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis dimana variabel Citra Merek mempunyai pengaruh terhadap Minat Beli dengan hasil yang diperoleh pada variabel Citra merek thitung2.582 > ttabel1.666 sehingga Ha diterima dengan nilai pengaruh Citra merek terhadap Minat beli Notebook acer sebesar 8,4%, maka dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan antara Citra merek terhadap minat beli Notebook acer, sedangakan untuk 91,6% lagi merupakan faktor lain yang mempengaruhi minat beli diluar penelitian ini.