Abstract:
LOLA EKA DIANITA, NIM 13 232 039, judul skripsi “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Padang Ganting”. Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat kurang puasnya pasien di Puskesmas Padang Ganting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di puskesmas Padang Ganting. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan jumlahsampel 100 orang responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien ini dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana v = 10,264+ 0,149X, maka nilai konstanta (a) adalah 10,264 ini dapat diartikan jika kualitas pelayanan nilainya 0, maka kepuasan pasien nilainya 10,264, nilai koefisien regresi variabel kepuasan pasien (b) bernilai positif yaitu 0,149, ini dapat diartikan bahwa setiap kualitas pelayanan sebesar 1,00 maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,149 satuan. Dilihat dari uji t maka t hitung sebesar 5,054. Sementara t table diperoleh sebesar 1,984. Jadi t hitung > t tabel (5,054 > 1,984) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.