Publikasi IAIN Batusangkar

DESAIN LKPD FISIKA BERORIENTASI AL-QURAN DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI SMA/ MA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SITI HARYATI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:00:54Z
dc.date.available 2019-07-19T04:00:54Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-28
dc.identifier.isbn 14107040
dc.identifier.isbn 14107040
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800225
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12049
dc.description.abstract Siti Haryati, NIM. 14 107 040, Judul Skripsi: “DESAIN LKPD FISIKA BERORIENTASI AL-QURAN DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI SMA/ MA”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran di sekolah adalah bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan masalah yang peneliti temukan di kelas XI MIPA 4 SMA N 1 Batusangkar, melalui sebuah observasi dan wawancara dengan guru fisika, peneliti menemukan bahwa bahan ajar yang tersedia di sekolah terfokus kepada materi dan rumus saja, belum ada bahan ajar yang berorientasi Al-Quran tersedia di sekolah. Berdasarkan hal ini peneliti merancang sebuah bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) fisika berorientasi Al-Quran dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD fisika berorientasi Al-Quran dengan strategi inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat membantu peserta didik SMA/ MA dalam memahami materi fisika kelas XI khusus materi kesetimbangan dan dinamika rotasi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau development research dengan model penelitian 4-D, yang meliputi empat tahap yaitu: tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tetapi pada penelitian tahap penyebaran (desseminete) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. LKPD fisika berorientasi Al-Quran dengan strategi inkuiri terbimbing yang dirancang memuat enam tahapan pembelajaran strategi inkuiri terbimbing yaitu: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. LKPD fisika berorientasi AlQuran dengan strategi Inkuiri Terbimbing yang dirancang memuat ayat-ayat AlQuran yang sesuai dengan materi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas XI MIPA 4 SMA N 1 Batusangkar diperoleh hasil LKPD fisika berorientasi Al-Quran dengan strategi inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi pada tahap validitas memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas dari hasil angket respon guru memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat praktis dan dari hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase 70,3% dengan kategori praktis. Pada tahap efektivitas yang diperoleh dari hasil normal gain sebesar 0,77 dengan kriteria tingga dan tingkat efektivitasnya efektif.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title DESAIN LKPD FISIKA BERORIENTASI AL-QURAN DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI SMA/ MA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku