Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author FITRI SUSANTI
dc.date.accessioned 2019-07-19T04:01:26Z
dc.date.available 2019-07-19T04:01:26Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-28
dc.identifier.isbn 14107012
dc.identifier.isbn 14107012
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800216
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12053
dc.description.abstract FITRI SUSANTI 14 107 012, “PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Permasalahan yang ditemui di SMAN 1 Sumatera Barat adalah siswa belum bisa menjawab soal dengan kriteria menganalisis (C4) karena siswa kurang dilatih untuk mengerjakan soal menganalisis (C4), keterbatasan bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Guru juga membuat bahan ajar berupa modul, tetapi modul ini hanya sebagai pedoman bagi guru dan isi dari modul tersebut hanya sedikit materi, contoh soal dan latihan soal yang hanya sampai menerapkan (C3). Padahal modul merupakan salah satu sumber belajar mandiri yang dapat dimanfaatkan oleh siswa guna mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Berdasarkan hal ini dibutuhkan modul yang mampu membangkitkan minat siswa dalam belajar dan siswa dapat menemukan konsep pembelajaran dan menyelesaikannya sendiri. Jadi salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan merancang modul yang dapat membangkitkan minat siswa dan melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) siswa materi usaha dan energi kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tetapi rancangan penelitian pengembangan pada penelitian ini hanya terdiri dari 3 tahap yaitu : (1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis kurikulum, analisis silabus, analisis sumber belajar, analisis siswa dan meriview literatur tentang modul, (2) tahap design, dilakukan untuk menyiapkan prototipe modul berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) siswa, dan (3) tahap pengembangan, hasil dari prototipe yang dirancang dilanjutkan pada uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas modul berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Modul berorieantasi pendekatan saintifik sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi yang diperoleh 86%, (2) Modul berorieantasi pendekatan saintifik sudah memenuhi kriteria praktis yang telah diuji cobakan kepada 33 orang siswa kelas X MIPA 1 dengan hasil angket respon siswa 83% dan angket respon guru 95%, (3) Modul berorieantasi pendekatan saintifik sudah memenuhi kriteria efektif dengan perolehan nilai N-gain sebesar 0,86.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku