Abstract:
SISKA PUTRI AYU. NIM, BK 13 108 133 judul SKRIPSI “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self Control Siswa Kelas X Di SMAN 2 Sungai Tarab”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya self control siswa kelas X IPS.1 di SMAN 2 Sungai Tarab. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan self control siswa kelas X IPS.1 di SMAN 2 Sungai Tarab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan bimbingan klasikal) terhadap variabel Y (self control siswa). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan bimbingan klasikal tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan self control siswa dan Hipotesis (Ha) Layanan bimbingan klasikal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan self control siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 2 Sungai Tarab. Sampel penelitian yaitu 17 siswa kelas X IPS.1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala. Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan bimbingan klasikal. Materi yang diberikan adalah pengertian self control, kontrol perilaku, komunikasi efektif, kontrol kognitif dan kontrol perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self control siswa di SMAN 2 Sungai Tarab pada kelas X IPS 1 setelah diberikan layanan bimbingan konseling. Hal ini dapat di lihat dari tabel hasil penelitian masingmasing subjek penelitian bahwa dalam proses penerapan layanan bimbingan klasikal terlihat adanya peningkatan self control siswa sebanyak 33,04 berdasarkan analisis perhitungan statistik melalui taraf signifikan 1% terlihat dari t0 lebih besar dari tt maka hipotesis alternatif (Ha) diterima kesimpulannya dengan memberikan layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan self control siswa di SMAN 2 Sungai Tarab pada kelas X IPS 1. Hal ini berarti layanan bimbingan klasikal dapat digunakan oleh konselor di sekolah untuk meningkatkan self control siswa.