Abstract:
Muhamad Ridho, NIM 14 106 042, Judul SKRIPSI “Analisis Tren Penelitian Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran Biologi di Indonesia”, Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah keberagaman penelitian dalam bidang pendidikan biologi di Indonesia belum diindentifikasi secara rinci sehingga belum jelas arah kecenderungan penelitian pendidikan biologi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tren penelitian dalam bidang pendidikan/pembelajaran biologi yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi. Sampel dalam penelitian ini adalah jurnal pendidikan biologi yang terindeks di Indonesia Publucation Index (IPI). Instrument yang digunakan untuk pengambilan data adalah Paper Classification Form (PCF).
Hasil penelitian menunjukan bahwa tren materi biologi yang sering digunakan oleh peneliti dalam penelitiannya adalah hewan dan fungsinya (33%), lingkungan dan ekologi (24%). Subjek penelitian yang cenderung digunakan adalah pengajaran (35%) dan studi bahan ajar (29%). Metode penelitian yang cenderung digunakan adalah metode kuantitatif (49.8%) dan R&D (39.5%). Elemen penelitian yang cenderung digunakan adalah kognitif (64%). Alat koleksi data yang cenderung digunakan adalah tes pilihan ganda (21%), observasi partisipan (15%), kusioner teknik terbuka-tertutup (13%). Sampel penelitian yang cenderung digunakan adalah SMA (68%), SMP (21%), untuk ukuran sampel penelitian yang cenderung digunakan ukuran 31-100 (48%), dan ukuran 11-30 (35%). Analisis data yang cenderung digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif (30%), dan kuantitatif deskriptif persentase (28%).