Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar biologi siswa kelasVII SMPN 3 Rambatan masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru.Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan siswa kurang aktif dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 3 Rambatan pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) lebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan Randomized Control Group Only Design .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII SMPN 3 Rambatan yang terdiri atas 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelasVII 3 kelas eksperimen dan kelas VII 4. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 butir soal.
Dari hasil tes akhir yang dilakukan dalam penelitian menunjukkan bahwa hasil belajarbiologi siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai akhir siswa pada kelas eksperimen yaitu 76,36 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 68,86. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan diperoleh thitung = 3,34 dan ttabel = 1,68. Karena thitung> ttabel hipotesis diterima. Jadi, dapat dikatakan hasil belajar biologi siswa pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchangelebih baik daripada hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran konvensional..