Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa modul pembelajaran IPA berorientasi keterampilan metakognitif untuk Kelas VIII yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research of Development). Prosedur pengembangan penelitian yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini tidak melakukan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan pedoman wawancara. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPA berorientasi keterampilan metakognitif didapatkan hasil uji praktikalitas melalui angket respon yang dikategorikan sangat praktis dengan persentase penilaian 86,54%, sedangkan uji praktikalitas yang dilakukan melalui observasi dan wawancara, modul pembelajaran IPA berorientasi keterampilan metakognitif dikatakan praktis setelah diolah dengan teknik deskriptif. Dengan demikian kualitas produk hasil pengembangan dapat dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilakukan.